TOKOH-TOKOH FISIKA dan KONTRIBUSINYA DALAM DUNIA FISIKA

     Pahlawan tanpa tanda jasa adalah guru, pahlawan tanpa pamrih itulah ibu, jadilah pahlawan dalam kehidupan kita, yang memberi warna dalam kehidupan, memberi kemanfaatan bagi manusia lainnya. Jangan menjadi pahlawan kesiangan itulah orang yang malas.

th.physik.uni-frankfurt.de

        Di dunia banyak terdapat pahlawan yang memberikan kontribusinya bagi kehidupan manusia, pahlawan memberi kehidupan lebih bermakna, karena peranan merekalah hidup menjadi lebih mudah dan nyaman, asal kita tahu cara memanfaatkannya dengan baik.
       Dari fisika banyak lahir pahlawan-pahlawan besar, yang kontribusinya tidaklah sedikit, bahkan sampai berabad-abad pun, penemuan mereka memberikan kesejahteraan bagi umat manusia.
Beberapa tokoh penting fisika berikut yang telah memberikan kontribusi mereka terhadap kehidupan manusia,
    1.      Anders Celcius. Seorang ilmuwan yang terkenal dengan pengukuran “derajat celciusnya”. Lahir di Upssala tahun 1701. Ayahnya seorang Profesor yaitu Nils Celcius, kakeknya, Magnus Celcius adalah Profesor dalam bidang astronomi. Anders memulai perjalanan keilmuwannya tahun 1732, pada tahun 1736, dia mengikuti ekspedisi bersama para astronom ke Tornea terletak di wilayah utara Swedia. Tujuan perjalanan tersebut untuk mengukur besar derajat garis meridian (bujur), mendekati daerah kutub dan membandingkan hasilnya dengan perjalanan serupa ke Peru (saat ini Ekuador) yang letaknya dekat dengan garis ekuator. Perjalanan tersebut memperkuat teori Newton bahwa bentuk bumi adalah elips dan kutubnya rata. Awalnya, Anders Celcius tertarik pada masalah umum, yaitu ‘ berat’ dan pengukuran’, termasuk pengukuran suhu. Ketika ia masih bersekolah, ia menemukan banyak macam thermometer dengan ukuran yang berbeda. Celcius pun berpikir dan menyadari bahwa saat ini dibutuhkan sebuah pengukuran yang dapat dipakai secara internasional. Akhirnya ia berhasil membuat pengukur suhu yang dapat digunakan di daerah panas maupun dingin. Saat ini, sebagian orang menggunakan termometer celcius untuk melakukan pengukuran suhu tubuh.
      2.      Pieter Van Musschenbroek. Lahir pada 14 Maret 1692 di Leyden, Belanda. Ia berkontribusi dalam kajian kemagnetan dan kohesi benda, serta ia juga menemukan suatu pengukur suhu tinggi (pyrometer). Alat Musschenbroek juga penemuannya yang digunakan untuk menyelidiki pemuaian panjang yang terjadi pada zat padat yang panjang dengan luas penampang kecil.
    3.      Antoine Laurent Lavoisier. Yang pertama kali memperkenalkan istilah kalor, seorang ahli kimia berkebangsaan Perancis. Menurutnya, kalor merupakan zat alir, yaitu zat yang mengalir dari suatu benda ke benda yang lain. Kalor akan mengalir dari benda yang suhunya lebih tinggi ke benda yang suhunya rendah, jika kedua benda itu bercampur atau bersentuhan.
      4.      Joseph Black. Seorang ilmuwan dari Inggris, mengemukakan bahwa bila dua zat dicampur, maka kalor yang dimiliki oleh zat yang suhunya lebih rendah sehingga terjadi keseimbangan energy. Pernyataan tersebut dikenal dengan azas Black, yang digunakan untuk menghitung suhu akhir suatu campuran
    5.      Julius Robert Mayer. Seorang ilmuwan yang pertama kali mengemukakan nahwa kalor (panas)  merupakan salah satu bentuk energy. Sekitar tahun 1840, ia bekerja sebagai dokter kapal pada angkatan laut Hindia Belanda di Surabaya. Ia mengamati bahwa darah pasien orang-orang Jawa berwarna lebih merah terang dibandingkan dengan darah pasiennya di Eropa. Ini berarti bahwa darah penduduk daerah tropis mengandung lebih banyak oksigen. Mayer menyimpulkan bahwa daerah tropis diperlukan lebih sedikit pembakaran makanan untuk menjaga agar suhu tubuh konstan, dan panas dari pembakaran tersebut lebih banyak dipakai untuk melaksanakan kerja dari individu. Jika ternyata kalor (panas) dapat diubah menjadi usaha, hal ini berarti bahwa keduanya merupakan bentuk energi.
6.      Gottlieb Daimler. Pada tahun 1885, ia seorang insinyur Jerman, merakit sebuah mesin pembakaran hasil desainnya sendiri menjadi sebuah kendaraan yang dilapisi kayu. Kendaraan membuatnya termasuk pada sebuah sepeda. Namun, ahli sejarah menganggap kendaraan Daimler sebagai motor pertama di dunia. Anak laki-laki Daimler, Paul, menjadi pengendara motor pertama pada 10 November 1885, ketika dia mengendarai penemuan ayahnya itu dan mencapai hampir 10 km (6 mil).
    7.      Michael Faraday (1791 – 1867), seorang ilmuwan Jerman, Pada tahun 1831 ia berhasil membangkitkan arus listrik dengan menggunakan medan magnet, dalam percobaannya Faraday menggunakan gulungan kawat atau kumparan yang ujung-ujungnya dihubungkan dengan sebuah galvanometer. Jarum galvanometer mula-mula pada posisi nol. Galvanometer adalah alat untuk menunjukkan ada atau tidaknya arus listrik dalam rangkaian. Dari percobaannya itu kita akan mengenal alat yang bernama generator atau dinamo, yaitu mesin pembangkit listrik yang menghasilkan energy listrik yang banyak kita butuhkan saat ini dalam kehidupan sehari-hari.
     8.      Nikola Nabili, penemu motor AC tanpa komutator, motor induksi ini yang kini paling banyak digunakan, dan transformator yang bekerja pada frekuensi tinggi dan menghasilkan tegangan sangat tinggi. Trafo ini disebut kumparan Tesla.
     9.      Georg Simon Ohm (1787 – 1854), Lahir di Erlangen, Jerman. Ia adalah ahli fisika dan guru besar matematika dan fisika di Universitas Munich. Ia menemukan arus listrik yang lewat penghantar berbanding lurus dengan hambatan, yang kemudian dikenal dengan hokum Ohm, tanpa arus listrik kita mungkin tidak akan dapat menikmati acara televise yang mengasikkan.
    10.  Robert Jenison Van de Graaff (1901 – 1967), lahir di Tuscaloosa, Alabama. Seorang fisikawan Amerika Serikat, penemu generator Van de Graaff. Generator ini dapat menghasilkan tegangan statis hingga jutaan volt. Yang saat ini banyak digunakan untuk industri-industri besar.
    11.  Sir Isaac Newton, Ia merupakan pengikut aliran heliosentris dan ilmuwan yang sangat berpengaruh sepanjang sejarah, bahkan dikatakan sebagai bapak ilmu fisika klasik. Kontribusi Newton diantaranya, ia menemukan disiplin matematika kalkulus, sedangkan fisika sendiri dimulai dari hipotesisnya dengan hokum gravitasi, bahwa semua benda akan mengalami gerak jatuh bebas pengaruh gaya gravitasi bumi, yang saat ini dimanfaatkan banyak kalangan untuk pengembangan dalam bidang gerak. Berikut pemanfaatan gaya gravitasi dalam kehidupan :
a.       Dengan gaya gravitasi dapat menimbulkan energi gerak,
b.      melindungi bumi dari bahaya benda-benda angkasa luar karena semakin jauh jarak benda langit dari bumi, maka semakin kecil gaya gravitasi bumi,
c.       Newton terkenal dengan hukumnya yaitu hukum I, II, dan III Newton
-          Berikut untuk penerapan ada beberapa contoh aplikasi yang ada di sekitar kita yang berhubungan dengan fisika, di antaranya adalah sebagai berikut : Hukum Newton 1: “Jika benda di biarkan pada keadaan dirinya sendiri ( tidak ada gaya – gaya yang bekerja atau resultan gaya – gaya yang bekerja pada benda adalah nol ) maka benda tersebut akan tetap dalam keadaan diam atau bergerak lurus beraturan”
Contoh aplikasinya : Penggunaan sabuk pada mobil agar kita tidak tersentak ke depan saat mobil di rem mendadak, taplak yang ditarik lurus dan cepat tidak akan menjatuhkan makanan yang berada di atasnya, Benda yang di taruh di atas meja tidak akan terjatuh apabila tidak ada gaya yang bekerja pada benda itu.
-          Hukum Newton 2 : “ Percepatan yang ditimbulkan oleh gaya yang bekerja pada suatu benda besarnya berbanding lurus dan searah dengan gaya itu dan berbanding terbalik dengan massa benda “
Contoh aplikasinya : Saat kita berada di dalam lift yang sedang naik ke atas, terjadi gaya yang arahnya berlawanan dengan arah naiknya lift. Besarnya gaya itu didapatkan dari percepatan dengan dikalikan massa kita.
-          Hukum Newton 3 : “apabila sebuah benda ( pertama ) mengerjakan gaya pada benda lain (benda ke dua) maka benda kedua mengerjakan gaya pada benda pertama yang besarnya sama tapi arahnya berlawanan”
Contoh aplikasinya : Saat seseorang menembakkan peluru. Terjadi aksi dan reaksi pada peristiwa tersebut,peluru yang ditembakkan disebut aksi dan senapan yang terdorong ke belakang disebut reaksi, Saat roket diluncurkan,terdapat gas yang keluar yang memberi gaya yang besarnya sama dan berlawanan arah pada roket,        Saat lomba tarik tambang,ada dua sisi yang berbeda yang besarnya seimbang namun terdapat gaya yang berlawanan arah
    12.  Albert Einstein, Salah satu kontribusinya dalam fisika yaitu mekanika kuantum, salah satu alat yang memanfaatkan mekanika kuantum adalah kriptografi, yaitu cara mengacak informasi sehingga hanya orang-orang tertentu saja yang dapat menemukan kembali isi informasi tersebut. Ilmu itu sudah lama digunakan dan sekarang sudah ada mesin canggihyang khusus dibuat untuk maksud tersebut. Meskipun demikian, ada satu kekurangan yang belum terselesaikan.
Misalnya si A mengirimkan informasi yang tidak boleh diketahui oleh orang lain kecuali si B. Keduanya bisa beli mesin pengacak untuk dipakai. Si A harus memilih kunci atau sandi yang digunakannya untuk mengacak informasi dengan alat tersebut. Informasi yang sudah diacak tadi dikirim ke si B. tidak perlu khawatir karena orang lain tak akan dapat membaca isinya secara tepat. Agar si B dapat membaca informasi yang dikirimkan si A tadi, meskipun dia punya mesin pengacak yang sama dengan milik si A tetapi dia harus tahu kata kunci sandinya. Persoalannya, bagaimana cara si A member tahu si B tentang kunci sandinya itu. Kalau diberitahukan lewat telpon, jangan-jangan ada yang menyadapnya. Kalau dikirim dengan kurir, apakah dapat dipercaya. Pokoknya si A harus menggunakan saluran komunikasi tertentu, yang sukar dijamin tak disadap atau dibocorkan kepada orang lain, untuk mencari tahukan kunci sandinya tadi kepada si B.
Kriptografi kuantum ini diperkirakan dapat digunakan untuk mengirim kunci sandi tadi dengan cara yang tidak mungkin diketahui oleh orang lain kecuali si B.
     13.  Charles Augustin Coulomb (1736 – 1806), seorang ahli fisika berkebangsaan Perancis yang pertama kali melakukan percobaan untuk mengukur besarnya gaya tolak menolak atau gaya tarik menarik antarmuatan listrik dengan menggunakan alat yang disebut neraca puntir. Berdasarkan percobaannya, Coulomb mengemukakan pernyataan yang dikenal dengan hukum Coulomb yang berbunyi : gaya tarik menarik atau gaya tolak menolak antara dua muatan listrik sebanding dengan muatan-muatannya dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua muatan. Secara matematis dinyatakan sebagai berikut :
F = k (Q1 . Q2)/r^2
Pemanfaatan hokum Coulomb dapat diamati contohnya jika ada potongan kertas kecil akan menempel ke penggaris plastik. Mengapa demikian?
Hal ini dikarenakan gaya tarik menarik antara kertas dengan penggaris plastik terjadi akibat adanya perbedaan muatan listrik yang dimiliki kedua benda itu. Pada saat itu, kertas bermuatan listrik positif sedangkan penggaris plastik bermuatan listrik negatif.
    14.  Count Alessandro Giuseppe Antonio Anastasio Volta (1745 – 1827), lahir di Como, Italia. Ia seorang fisikawan Italia penemu elektroforus, yaitu alat untuk menghasilkan muatan listrik dengan cara induksi, kemudian dikembangkan menjadi kapasitor. Ia juga penemu sel volta, bentuk pertama baterai. Namanya diabadikan untuk satuan gaya gerak listrik, yaitu volt.
     15.  Andre Marie Ampere (1775 – 1836). Ahli fisika dan matematika Prancis. Ia juga ahli elektrodinamika, penemu elektromagnet, dan alat ukur listrik. Memberi sumbangan besar pada statistika, kimia, kristograf, mekanika, dan optika. Salah satu penemuannya adalah amperemeter yaitu alat yang digunakan untuk mengukur kuat arus listrik. Umumnya alat ini dipakai oleh teknisi elektronik dalam alat multi tester listrik yang disebut avometer gabungan dari fungsi amperemeter, voltmeter dan ohmmeter.  
Itulah beberapa pahlawan fisika yang memberikan kontribusinya untuk kehidupan manusia, yang penemuannya sangat bermanfaat dan berharga bagi kehidupan manusia. Siapapun bisa menjadi pahlawan, asalkan mau  berusaha dalam memanfaatkan kebaikan dan fasilitas kehidupan demi untuk kemaslahatan manusia pada umumnya. 

No Response to "TOKOH-TOKOH FISIKA dan KONTRIBUSINYA DALAM DUNIA FISIKA"

Poskan Komentar