PUDING JAGUNG PINK DENGAN CINTA ... YUMMY


            Puding merupakan salah satu nama berbagai macam dessert atau hidangan penutup. Pada umumnya pudding dibuat dari bahan melalui proses perebusan, pengukusan, ataupun pemanggangan. Istilah akan puding ini, digunakan dalam berbagai macam pai yang berisi lemak hewani, buah yang dipanggang, atau daging.
            Puding mengandung beberapa bahan baku seperti susu atau yogurt, tepung jagung atau maizena, tepung tapioka, dan telur, yang biasa dihidangkan setelah dingin, melalui proses pendinginan. Puding biasa berasa manis, karena adanya kandungan perisai coklat, ada karamel, ada vanila, ada buah. Puding agar - agar misalnya, dibuat dari campuran agar - agar dan susu, tepung jagung atau  maizena, dan kocokan telur. Puding agar - agar biasa disajikan dengan saus vla. Ada juga tepung puding instan yang akan memudahkan kita membuat makanan ini, hal ini dikarenakan tinggal menambahkan susu atau air panas saja.
            Di Indonesia banyak kita jumpai bermacam jenis puding dengan rasa tradisional. Dengan aksen kelapa muda, ada gula merah, ada santan, ada tapai ketan hitam, maupun campuran akan daun suji serta daun pandan. Buah yang biasa dipakai yaitu buah jeruk, buah nanas, buah sirsak, buah mangga, dan buah markisa.
            Berdasarkan akan bahan serta cara memasaknya, pudding dibagi atas dua yaitu
1.       Puding yang menggunakan bahan pengental, contohnya agar - agar, gelatin ataupun tepung jagung atau maizena. Membuatnya melalui proses perebusan bahan tersebut sampai mendidih
  1. Puding yang menggunakan bahan baku telur serta tepung terigu, ataupun tepung beras. Membuatnya melalui proses pemanggangan, pengukusan, dan perebusan.
            Puding roti yang terbuat dari bahan roti tawar adalah salah satu puding yang dimasak melalui proses pengukusan atau pemanggangan. Trifle merupakan nama puding yang tidak melalui proses pemasakan, terbuat dari kue chiffon, disusun berlapis dengan selai sebagai perekat antar bagian roti, ditopping krim kocok. Ada juga puding busa memanfaatkan putih telur.
            Puding yang melalui proses pemanggangan atau pengukusan biasanya mirip dengan kue bolu, namun lebih lembap serta gampang hancur. Puding panggangan atau kukusan akan menghasilkan potongan lebih rapi, mirip ketika memotong kue bolu. Ketika disajikan, puding  ini akan dipotong dengan spatula atau sendok berukuran besar.



            Foto di atas merupakan puding basah, yang berasal dari jagung dan bahan lainnya. Berikut beberapa bahan yang dapat kita siapkan ketika ingin mencoba membuatnya.
1.      Siapkan sebungkus agar – agar berbentuk bubuk, pilih warna putih, namun disini dipilih berwarna merah
2.      Serut tiga buah jagung manis.
            Jagung manis dipilih karena kenikmatan rasanya, biasa dimanfaatkan untuk kudapan dan camilan. Memiliki beberapa khasiat bagi kesehatan tubuh kita. Jagung manis kaya akan nutrisi dan vitamin.
            Mengkonsumsi jagung manis memberikan kesehatan pada tubuh dan otak. Berikut beberapa khasiat dari mengkonsumsi jagung manis, (1) dapat membantu meningkatkan kesehatan mata atau penglihatan kita, (2) dapat meningkatkan daya ingat kita, (3) dapat mencegah permasalahan jantung, (4) membantu mencegah penyakit kanker paru – paru, (5) membantu meningkatkan daya kekuatan tulang tubuh, (6) dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh, (7) membantu mengatasi anemia, (8) dapat menurunkan kolesterol tubuh.
3.      Sediakan 800 mL santan terdiri dari 130 mL santan dicampur air.
            Santan merupakan cairan dengan warna putih seperti susu, diperoleh melalui pemerasan akan hasil parutan daging kelapa, ditambah dengan air.
4.      Sediakan 80 gram gula pasir putih.
5.      Sediakan dua sdm tepung jagung atau maizena
6.      Sediakan satu sdt garam
Berikut cara pembuatannya. Terlebih dahulu haluskan jagung manis bisa dengan blender atau digerus dengan alat penghalus. Saat menghaluskan jagung ini dicampur dengan air santan sampai tekstur lembut kemudian saring. Tuangkan adonan tadi ke dalam panci, kita tambahkan garam, gula, agar – agar yang telah disiapkan, tepung jagung atau maizena, dan aduk secara rata. Kita masak di atas bara api yang sedang, aduk secara terus menerus, sampai mendidih, angkat, kemudian tuangkan adonan pada cetakan yang telah disediakan. Selamat mencoba.



No Response to "PUDING JAGUNG PINK DENGAN CINTA ... YUMMY"

Posting Komentar