PISGOR HOMEMADE YUMMY YANG MENYEHATKAN



             




 
             Pisang goreng bias dikenal dengan sebutan pisgor, merupakan salah satu kudapan atau makanan ringan ala Indonesia sudah banyak ditemui, bahkan di Singapura, dan Malaysia. Makanan ringan ini terbuat dari buah pisang, yang telah dikupas kulitnya, dipotong sesuai selera, lalu di lumuri dengan adonan yang kental dibuat dari perpaduan  tepung, ada telur, sedikit gula asin atau garam, serta gula, kemudian digoreng dengan minyak goreng.
            Pisang goreng atau pisgor biasa dijumpai serta dijual di warteg atau warkop, dijadikan sebagai makanan atau kudapan disamping teh atau kopi. Saat ini pisang goreng atau pisgor adalah makanan favorit dan terkenal di Indonesia.
            Ada beberapa jenis variasi dari pisgor atau pisang goreng, contohnya pisang molen, bentuk lebih kecil dibalur lilitan adonan yang tipis, lalu digoreng dengan minyak goreng. Ada lagi varian cantik pisgor atau pisang goreng, jenis ini lebih tahan lama, dapat di kemas, dijadikan oleh - oleh khas, varian ini biasa disebut dengan sale pisang goreng, produsen kudapan atau makanan ringan ini banyak kita temui di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Contoh modifikasi dari pisang goreng yaitu pisang molen, ada pisang pasir, ada pisang kremes, ada pisang goreng kipas, dan ada sale pisang goreng. Ingin menciptakan varian baru dari pisang goreng ini, mari dicoba.
            Kadang - kadang kita ingin makan pisang goreng yang renyah serta garing, mirip seperti tukang gorengan yang mangkal di pinggir jalan, tidak perlu khawatir hal tersebut bisa kita buat di rumah. Apakah harus pakai soda kue ? Salah satu yang dapat menyebabkan renyah serta garingnya sebuah adonan tepung pada pisang goreng yaitu soda kue. Resep kali ini juga tanpa menggunakan telur.
            Sebagai pengetahuan bagi kita saja. Natrium bikarbonat merupakan salah satu senyawa kimia yang memiliki rumus yaitu NaHCO3. Biasa disebut dengan bicnat. Senyawa kimia ini masuk dalam kelompok garam, digunakan sejak lama sekali.
            Senyawa kimia ini biasa disebut dengan baking soda (soda kue), yang mengandung Sodium bikarbonat, ada natrium hidrogen karbonat, dan lainnya. Senyawa kimia ini adalah kristal yang dijumpai dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat dapat larut di dalam air. Senyawa kimia ini dimanfaatkan untuk roti atau kue, hal ini karena soda kue mudah bereaksi dengan bahan lainnya, setelah bereaksi akan membentuk gas CO2, sehingga roti akan mengembang.
            Berikut resep pisgor cantik murah meriah homemade yang yummy, cekidot. Bahan terdiri dari :
·         Siapkan pisang kepok yang telah matang sebanyak 9 buah
·         Siapkan air sebanyak 230 mL
·         Siapkan juga tepung terigu sebanyak 9 sendok makan
·         Siapkan tepung beras sebanyak 3 sendok makan
·         Siapkan vanili yang berbentuk serbuk sebanyak ¼ sendok makan
·         Siapkan soda kue sebanyak ¼ sendok makan
·         Siapkan gulpas sebanyak 1 sendok makan secara munjung
·         Siapkan garam dapur sebanyak 1/3 sendok makan
·         Siapkan pula minyak goreng
            Berikut cara membuat pisang goreng tersebut. Simak. (1) Campurkan tepung terigu, juga tepung beras, juga serbuk vanili, juga soda kue, juga gulpas, serta garam. Aduk sampai merata. Kita masukkan air secara sedikit – sedikit, sampai kekentalan pas. Kekentalan biasanya mempengaruhi penempelan tepung pada pisang. Lakukan pengadukan sampai tidak ada gumpalan, sampai terlihat licin. Didiamkan kurang lebih selama satu jam, sampai adonan tepung benar - benar menyatu. (2) Kita kupas kulit pisang kepok, lalu belah seperti bentuk kipas. (3) Kita panaskan minyak sayur untuk menggoreng, kita aduk adonan tadi kemudian pisang dicelupkan. Kita masak dengan api yang sedang, serta minyak yang banyak sampai pisang tenggelam sempurna. Ketika warna menjadi kecoklatan, matang, kita angkat, kita tiriskan minyaknya, (4) Siap santap mumpung hangat. Tinggal beri topping keju dan meses ceres yang asik.
            Sebagai catatan, pisgor ini renyah walau dingin, kita bisa memilih pisang yang matang sempurna, agar tidak ada penambahan gula pasir secara berlebih.

No Response to "PISGOR HOMEMADE YUMMY YANG MENYEHATKAN"

Posting Komentar